KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA GORONTALO KELAS V SDN 2 LIMBOTO BARAT

MOITO, ANNA MAGDALENA B. and MALABAR, SAYAMA and DJOU, DAKIA N. (2015) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA GORONTALO KELAS V SDN 2 LIMBOTO BARAT. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2014-2-1-88201-311410024-abstraksi-15012015045357.pdf

Download (3180Kb) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2014-2-1-88201-311410024-bab1-15012015045417.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstract

Anna Magdalena B. Moito, 2014. "Kemampuan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Gorontalo Kelas V SDN 2 Limboto Barat Tahun Ajaran 2014". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek mendengarkan, (2). Bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek berbicara, (3) Bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek membaca, (4) bagaimana kemampuan peserta didik dalam aspek menulis. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan speserta didik kelas V SDN 2 Limboto Barat dalam pembelajaran muatan lokal bahasa Gorontalo. Adapun landasan teori yang mendasari dalam penelitian ini adalah teori tentang pembelajaran muatan lokal (Tirtaharja dan La sulo 2005), teori tentang kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, dan teori tentang kemampuan menulis, Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dokumen dan rekaman. Untuk menganalisis data terkumpul dalam penelitian ini adalah Pengolahan skor menjadi nilai yaitu skor dibagi dengan jumlah soal dikalikan seratus. Dari pemerolehan skor tersebut selanjutnya di konveksi ke skala penilaian. Skala yang dipakai dalam penilaian ini yaitu skala 1-10. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian dalam penelitian ini tentang kemampuan siswa secara keseluruhan dari empat aspek yakni: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis diperoleh jumlah peserta didik yang berkategori baik sekali berjumlah 3 orang (13%), peserta didik berkategori baik berjumlah 2 orang (9%), peserta didik berkategori cukup berjumlah 5 orang (22%), peserta didik berkategori sedang berjumlah 8 orang (35%), peserta didik berkategori hampir sedang berjumlah 3 orang (13%), peserta didik berkategori kurang sekali berjumlah 1 orang (4%), dan peserta didik yang berkategori buruk sekali berjumlah 1 orang (4%). Dengan demikian kemampuan peserta didik dalam pembelajaran muatan lokal bahasa Gorontalo berkategori Sedang dengan nilai rata-rata 63.1. Kata kunci: Kemampuan, Pembelajaran,Muatan Lokal bahasa Gorontalo

Item Type: Tugas Akhir (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PKL TKJ UNG
Date Deposited: 26 Dec 2015 11:25
Last Modified: 26 Dec 2015 11:25
URI: http://eprints.ung.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item View Item