PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN STRATEGI BELAJAR BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUWAWA TP 2014/2015

HUMOKOR, INDAH FRASTIKA and ., SUPRIYADI and ., MUSLIMIN (2015) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN STRATEGI BELAJAR BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUWAWA TP 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2014-2-1-88201-311410014-abstraksi-13012015121651.pdf

Download (1863Kb) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2014-2-1-88201-311410014-bab1-13012015121731.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstract

Indah Frastika Humokor. 2014. "Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Strategi Belajar Berbasis Proyek pada siswa kelas VII5 SMPN 2 Suwawa TP. 2014/2015", (dibawah bimbingan Prof.Dr. Supriyandi, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Muslimin, M.Pd selaku dosen pembimbing II) Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, 1) bagaimanakah RPP yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi ? 2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan strategi belajar berbasis proyek ? 3) bagaimanakah evaluasi pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek ?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi belajar berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif ini adalah semata-mata untuk mengambarkan fakta yang sebenarnya mengenai pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan strategi belajar berbasis proyek. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disesuaikan dengan indikator yang diamati. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi sesuai dengan langkah-langkah strategi yang digunakan guru hanya saja ada beberapa tahap yang tidak dilaksanakan, kemudian untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi guru menggunakan penilaian portofolia yang seharusnya guru menggunakan penilaian berbentuk proyek disesuaikan dengan strategi yang digunakan pada saat pelakasanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi belajar berbasis proyek belum terlaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Eksposisi, Proyek.

Item Type: Tugas Akhir (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PKL TKJ UNG
Date Deposited: 26 Dec 2015 11:14
Last Modified: 26 Dec 2015 11:14
URI: http://eprints.ung.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item