PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 GORONTALO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SARASWATI, OGE and MALABAR, SAYAMA and ZAKARIA, ULFA (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 GORONTALO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2014-2-2-88201-311411020-abstraksi-13052015055941.pdf

Download (393Kb) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2014-2-2-88201-311411020-bab1-13052015055954.pdf

Download (96Kb) | Preview

Abstract

Oge Saraswati. NIM 311411020.Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I, Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M,Pd., Pembimbing II Ulfa Zakaria S.Pd, M. Hum. Pembelajaran remedial merupakan pembelajaran ulang yang diberikan kepada peserta didik yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian hanya fokus pada pelaksanaan pembelajaran remedial. Pembelajaran remedial merupakan salah satu kegiatan guru yang dilakukan untuk memperbaiki hasil yang tidak dicapai oleh peserta didik pada umumnya. Permasalahan dalam penelitian adalah (1) kompetensi dasar apakah yang diremedial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? (2) bagaimanakah program yang digunakan untuk pembelajaran remedial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? (3) bagaimana pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? (4) Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat pembelajaran remedial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo. Tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni (1) mengamati guru yang sedang memberikan pembelajaran remedial kepada peserta didik, (2) melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang memberikan pembelajaran remedial kepada peserta didik, (3) menyusun hasil laporan penelitian berupa skripsi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran remedial bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo, KDyang diremedi dalam pembelajaran yang diremedial pada kelas X IPS 5 (1) mengidentifikasi struktur teks eksposisi pada teks ideal, dan (2) mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks eksposisi pada teks idel. Pada kelas X MIA 4 KD yang diremedi adalah mengidentifikasi struktur teks prosedur. Hal ini diperoleh dari hasil uji kompetensi yang dilakukan peserta didik. Program pelaksanaan pembelajaran remedial guru tidak menyusun RPP. Guru hanya membuat rencana kegiatan pembelajaran remedial. Peneliti juga menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran remedial dilaksanakan dalam tiga tahap. Pelaksanaannya bukan di jam pembelajaran utama tetapi bersamaan dengan pembelajaran yang utama. Peneliti menemukan kurangnya persiapan guru untuk memberikan pembelajaran remedial kepada peserta didik, sehingga menyebabkan pelaksanaan pembelajaran kurang efektif. Kata-Kata kunci :pelaksanaan, pembelajaran, remedial, peserta didik SMA.

Item Type: Tugas Akhir (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PKL TKJ UNG
Date Deposited: 26 Dec 2015 09:24
Last Modified: 26 Dec 2015 09:24
URI: http://eprints.ung.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item